Tugas dan Fungsi

  • Tugas Pokok dan Fungsi
  • CAMAT
  1. Melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah.
  2. Sebagaimana dimaksud pada ayat (1) juga menyelenggarakan tugas umum pemerintah meliputi :
  3. Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  4. Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraanketentraman dan ketertiban umum;
  5. Mengkoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
  6. Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  7. Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintah ditingkat kecamatan;
  8. Membina penyelenggaran pemerintah desa dan/atau kelurahan; dan
  9. Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang linkup tugasnya dan/atauyang belum dilaksanakan pemerintah Desa atau kelurahan.
  10. Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat sebagaimana dimaksud dalam huruf A diatas meliputi :
  11. Mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam perencanaan pembagunan lingkup kecamatan dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan di Desa/Kelurahan dan Kecamatan;
  12. Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap keseluruhan unit kerja baik pemerintah maupun swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat diwilayah kerjakacamatan;
  13. Melakukan evaluasi terhadap berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat diwilyah kecamatan baik yang dilakukan oleh unit kerja pemerintah maupun swasta;
  14. Melakukan tugas – tugas lain dibidang pemberdayaan masyarakat sesuai dengan peraturan perundang – undangan; dan
  15. Melaporkan pelaksanaan tugas pemberdayaan masyarakat diwilayah kerja Kecamatan kepada Bupati dengan tembusan kepada satuan kerja Perangkat Daerah yang membidangi urusan pemberdayaan masyarakat.
  16. Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum sebagaimana dimaksud dalam huruf B, meliputi;
  17. Melakukan koordinasi dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan/atau Tentara Nasional Indonesia mengenai program dan kegiatan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum di wilayah kecamatan;
  18. Melakukan koordinasi dengan pemuka agama yang berada diwilayah kerja kecamatan untuk mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum masyarakat di wilayah kecamatan; dan
  19. Melaporkan Pelaksanaan pembinaan ketentraman dan ketertiban penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan sebagaimana di dalam huruf C, meliputi :
  20. Melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya di bidang penerapan peraturan prundang – undangan;
  21. Melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya di bidang penegakan peraturan perundang-undangan dan/atau Kepolisian Negara Republik Indonesia; dan
  22. Melaporkan pelaksanaan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan diwilayah kecamatan kepada Bupati.
  23. Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum sebagaimana di maksud dalam huruf D, meliputi :
  24. Melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah dan/atau Instansi vertikal yang tugas dan fungsinya di bidang pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  25. Melakukan koordinasi dengan pihak swasta dalam pelaksanaan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayananumum;
  26. Melaporkan pelaksanaan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayana umum diwilayah Kecamatan kepada Bupati.
  27. Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintah ditingkat kecamatan sebagaimana dimaksud dalam huruf E, meliputi :
  28. Melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal dibidang penyelenggaraan kegiatan pemerintah;

Melakukan koordinasi dan singkronisasi perencanaan dengan satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintah;

  1. Melakukan evaluasi penyelenggaraan kegiatan pemerintah ditingkat kecamatan; dan
  2. Melaporkan penyelenggaraan kegiatan pemerintah ditingkat kecamatan kepada Bupati.
  3. Membina penyelenggaraan pemerintah desa dan/atau kelurahan sebagaimana dimaksud dalam huruf F, meliputi :
  4. Melakukan pembinaan dan pengawasan tertib administrasi pemerintah desa dan /atau kelurahan;

Memberikan bimbingan,

Konsultasi pelaksanaan administrasi desa dan/atau kelurahan;

  1. Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap Kepala Desa dan/atau Lurah;
  2. Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap perangkat Desa dan/atau Kelurahan;
  3. Melakukan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan ditingkat kecamatan; dan
  4. Melaporkan pelaksanaan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan ditingkat kecamatan kepada Bupati.
  5. Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan desa atau kelurahan sebagaimana dimaksud dalam huruf G, meliputi:
  6. Melakukan perencanaan kegiatan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan;
  7. Melakukan percepatan pencapaian standar pelayanan minimal diwilayahnya;
  8. Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan;
  9. Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat diwilayah Kecamatan;
  10. Melaporkan pelaksanaan kegiatan pelayanan kepada masyarakat diwilayah Kecamatan kepada Bupati.
  11. Melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam angka 1, Camat       menyelenggarakan fungsi :
  12. Penyelenggaraan penyusunan kebijakan teknis urusan pemerintahan, ketentraman, ketertiban dan kebersihan lingkungan, ekonomi dan pembangunan serta sosial dan kemasyarakatan;
  13. Pengkoordinasian dan pelaksanaan urusan pemerintahan, ketentraman dan ketertiban, ekonomi dan pembangunan serta sosial dan kemasyarakatan;
  14. Pengelolaan pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan urusan pemerintahan, ketentraman dan kegiatan, ekonomi dan pembangunan serta sosial dan kemasyarakatan;
  15. Mengkoordinasikan pelaksanaan pelimpahan kewenangan Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah.

Camat merupakan Perangkat Daerah yang mempunyai tugas sebagaimana di maksud dalam angka 1. 

SEKRETARIS KECAMATAN

Mempunyai tugas membantu Camat dalam melaksanakan pelayanan administrasi pada satuan organisasi di lingkungan Kecamatan. 

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Sekretaris menyelenggarakan fungsi :

  1. Pengumpulan dan pengolahan data, penyusunan program kerja;
  2. Penyelenggaraan administrasi kepegawaian surat menyurat dan kearsipan, administrasi keuangan;
  3. Penyelenggaraan administrasi pengelolaan barang dan asset Kecamatan;
  4. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 SEKRETARIAT TERDIRI :

SUB BAGIAN KEPEGAWAIAN DAN UMUM

  1. Mempunyai tugas pengumpulan dan pengelolaan data, penyusunan rencana dan program kerja, pengelolaan surat menyurat, kearsipan, kepustakaan, dokumentasi, perlengkapan Kecamatan, menyiapkan bahan penyusunan rencana kebutuhan pegawai, pengembangan pegawai, kepangkatan, hak dan kewajiban pegawai, pembinaan pegawai serta tata usaha kepegawaian;

SUB BAGIAN PERENCANAAN, KEUANGAN DAN ASET

 

  1. Sub Bagian Perencanaan, Keuangan dan Aset sebagaimana dimaksud dalam Pasal 727 huruf a, mempunyai tugas menyiapkan bahan dan penyusunan rencana program kerja, rencana anggaran, dan penatausahaan aset serta pelaporan;

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Sub Bagian Perencanaan, Keuangan dan Aset  menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyiapkan bahan koordinasi dan peyusunan rencana program kerja dan rencana anggaran kecamatan;
  2. Penyelenggaraan administrasi dan penatausahaan keuangan;
  3. Pemeliharaan dan menyimpan bukti dan dokumen keuangan;
  4. Menyiapkan bahan pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan;
  5. Penyiapan bahan dan penyusunan pelaporan kegiatan dan pertanggungjawaban keuangan;
  6. Penyiapan bahan dan penyusunan laporan kinerja kecamatan;
  7. Pelaksanaan penatausahaan dan pengelolaan aset;
  8. Penyiapan bahan pengelolaan data dan informasi kegiatan kecamatan;
  9. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya; dan
  10. Pemberian saran dan pertimbangan kepada pimpinan tentang langkah-langkah dan tindakan yang perlu diambil dalam bidang tugasnya.

 KASI PEMERINTAHAN

Mempunyai tugas melaksanakan penyelengaraan penyiapan bahan perumusan kebijakan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan urusan Tata Pemerintahan.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam penjelasan diatas Seksi Pemerintahan menyelenggarakan fungsi :

  1. Mengelola data/informasi urusan pemerintahan;
  2. Menyiapkan penyelenggaraan penyusunan konsep kebijakan teknis urusan pemerintahan;

Menyiapkan penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil.

KASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA

1. Mempunyai tugas melaksanakan penyelenggaraan penyiapan bahan perumusan kebijakan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan urusan pemberdayaan masyarakat dan desa.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam penjelasan diatas

Seksi pemberdayaan masyarakat dan desa menyelenggarakan fungsi;

  1. Pengumpulan dan pengolahan data/informasi urusan pemberdayaan masyarakat dan desa;
  2. Penyelenggaraan penyusunan konsep kebijakan teknis urusan pemberdayaan masyarakat dan desa;
  3. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.KASI PEMBANGUNAN DAN KESEJAHTERAAN SOSIAL1.Mempunyai tugas melaksanakan penyelenggaraan penyiapan bahan perumusan kebijakan, pelaksana, evaluasi, dan pelaporan urusan pembangunan dan kesejahteraan sosial.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 21. Seksi Pembangunan dan Kesejahteraan sosial menyelenggaran fungsi :

  1. Pengumpulan dan pengolahan data/informasi urusan pembangunan dan kesejahteraan sosial;
  2. Penyelenggaran penyusuan konsep kebijakan teknis urusan pembangunan dan kesejahteraan sosial;
  3. Penyelenggaraan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  4. Melaksanakan tugas-tugas lain yang di berikan Camat sesuai tugas pokok dan fungsinya.
  5. KASI KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUM
  6. Mempunyai tugas melaksanakan penyelenggaraan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis urusan ketentraman dan ketertiban, pelaksanaan evaluasi dan pelaporan urusan ketentraman dan ketertiban umum.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana di maksud diatas Seksi Ketentraman dan Ketertiban umum yang menyelenggarakan fungsi :

  1. Pengumpulan dan pengolahan data/informasi urusan ketentraman dan ketertiban umum;
  2. Penyelenggaraan penyusunan konsep kebijakan teknis urusan ketentraman dan ketertiban umum;
  3. Penyelenggaraan upaya penyelenggaraan ketentraman dan keteriban umum serta penerapan dan penegakkan peraturan perundang-undangan;
  4. Penyelenggaraan pelimpahan wewenang Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah dibidang kesatuan bangsa dan Linmas, ketertiban, penerangan;
  5. Melaksanaakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hubungi Kami

Jalan Palu-Wawugaga, Kecamatan Marawola Barat Kabupaten Sigi,Sulawesi Tengah

email :

 

 

 

 

 

 

 

 

Statistik Pengunjung
008119
Hari Ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan Ini
Seluruhnya
34
19
218
919
8119
IP Anda: 3.233.242.204
2021-09-24 23:33